PERJALANAN MALAM

Assalamualaikum...syalom..omswastiastu..namo budaye..salam kebajikan.

Tuhan menciptakan siang dan malam dengan sempurna,memberikan manfaat untuk semua makhluk dan mempunyai rahasia nya masing-masing. Kita sebagai manusia dengan sematan makhluk mulia yang di bekali akal untuk menyibak makna-makna tersirat dari semesta-Nya,antara lain tentang sedikit manfaat di gantikan nya siang menuju malam.

Siang adalah waktu dimana semua manusia beraktifitas,dengan munculnya sinar mentari dan suasana terang nya membuat manusia mampu melakukan kegiatan untuk memenuhi kehidupan. Di waktu siang inilah segala macam pikiran memenuhi ruang waktu semesta,sehingga waktu siang di khususkan lebih banyak untuk melakukan aktifitas duniawi ketimbang bermunajat.

Pikiran manusia dalam 1 detik mampu menembus beratus-ratus angan-angan,jika satu desa saja ada sekitar 200 penduduk maka bisa kita bayangkan berapa banyak pikiran angan yang memenuhi ruang waktu semesta di desa tersebut,sedangkan kita bermunajat kepada Tuhan memerlukan ruang yang hening dan kosong,sehingga waktu siang kurang pas untuk kita menaikan hajat kita atau lebih tepat nya waktu siang untuk melakukan kegiatan yang menjembatani doa kita waktu malam lewat jalan bekerja dll.

Kita bahas yang berikutnya yaitu malam,dimana ruang dan waktu ini merupakan dimensi yang di sarankan oleh banyak pelaku spiritual dari berbagai keyakinan. Mengapa bermunajat harus malam?
Di jawa banyak orang yang meyakini bahwa melekan atau begadang untuk merayu Tuhan adalah waktu yang sangat di rekomendasikan. Di keyakinan-keyakinan yang ada juga banyak yang membahas tentang bagus nya waktu malam untuk meminta hajat kepada Tuhan semesta alam,karena mereka meyakini bahwa malam menyimpan keheningan,kekosongan dan kemurnian unsur,sehingga gelombang yang kita pancarkan mampu menembus ke inti cahaya semesta tanpa terganggu gelombang pikiran angan dari manusia lain,karena mereka semua pada posisi tidur.
Jadi keutamaan kita bermunajat,berdoa atau meluapkan isi hati kita kepada Tuhan semesta alam ini pada malam hari akan lebih cepat terwujud di banding di waktu sebalik nya.

Keheningan,kekosongan dan kemurnian malam di karenakan banyak nya manusia yang tertidur sehingga ruang waktu semesta tidak terpenuhi oleh banyak nya pikiran angan-angan yang membuat lontaran hajat kita terhalangi jalan nya menuju ruang cahaya pengabulan hajat. Maka orang-orang waskito di jaman dulu mengajarkan untuk mengenal malam dan berselaras dengan malam agar tau rahasia yang terkandung. Semakin sepi atau semakin banyak manusia tertidur,di ruang waktu atau jam itulah yang bagus untuk merayu Tuhan semesta alam.

OJO TURU SORE KAKI
ONO DEWO NGANGKLANG JAGAD
DEWO NE GOWO BOKOT KENCONONE
GOWO DEDUNGO LAN TETULAH.


Bersahabat lah dengan malam
Untuk membuahkan segala harapan.


Jayeng 07.11

Komentar

Postingan Populer