PERJALANAN ROHANI SEBUAH KEPERCAYAAN MENUJU TINGKAT KEYAKINAN


Kepercayaan dan keyakinan itu berbeda ,dengan tembok tipis di antara kedua nya ,apalagi untuk pengolahan rasa menuju sang maha kuasa ,akan sangat terasa sekali perbedaan nya.
Kepercayaan itu pendoktrinan tentang sesuatu kepada seseorang agar mempunyai pandangan atau tujuan yg sama. 
System kepercayaan di jaman dahulu sangat di pegang teguh oleh nenek-kakek moyang kita sebagai dasar menuju keyakinan tingkat tinggi menuju jalan lurus ke cahaya Ilahi,karena jaman dahulu pemikiran mereka sudah melebihi rata-rata manusia jaman sekarang,sehingga mampu menggunakan rasa untuk mengatur seluruh kehidupan yang dijalani nya.
Jiwa besar orang terdahulu sangat di junjung tinggi,dalam hal apapun mereka selalu menjadikan perputaran hidup seimbang,bukan kepandaian akan tetapi roso pangroso /merasakan alam dengan sepenuh hati hingga mampu memahami harus berbuat seperti apa hidup yang berdamping-dampingan dengan mahkluk lain ini.
Membangun sebuah keyakinan melalui proses kepercayaan itu tidak semudah ketika mengungkapkan saja,banyak hal yang harus di lalui untuk bisa menemukan nya,karena keyakinan yang kokoh dapat di peroleh dari ketenangan diri yang tinggi,tanpa jeda dan membunuh waktu juga keadaan.
Kata kepercayaan dengan dasar kata percaya mempunyai berbagai definisi dari setiap keadaan akan tetapi secara hakiki mempunyai kesamaan pengertian, ada cerpen tentang arti keyakinan dari 2 orang santri Ponpes GW daerah sragen ,sebut saja si bejo dan pranoto .
Suatu hari di angkringan sekitar jalan utama daerah sragen-solo-purwodadi bejo dan pranoto sedang asik wedangan sambil mainan hp android mereka yang lagi rame-rame nya media sosial whatsaap ,sambil senyum-senyum sendiri dan asik dengan kesenangan mereka tiba-tba “ glduk duk duk….” Langit berbunyi  ..serentak mereka saling memandangi …”kaya nya mau hujan Jo…kata pranoto sambil memasukan hp android nya ke saku , “ kita ke teras sebelah saja kang..sambil melipat tikar bejo beranjak mengajak pranoto.
Setelah tikar di pindah ke teras bangunan sebelah angkringan ,gerimis pun tetes demi tetes berjatuhan….” Nah hujan beneran..kata pranoto .
Bejo pun pun mengangguk kepala tanda setuju saja…. “ lagi asik-asik malah hujan ya kang….bejo menyaut, pranoto mengambil kopi sambil di minum tipi-tipis lalu berkata “ mungkin kita terlalu keasikan dengan mainan sampe lupa ada yang harus di ingat selalu,yaitu Gusti Allah jo…sambil tertawa .
Gusti Allah itu ada gak ya kang…kl ada tu dimana..dan kalo g ada koq pada percaya?? Tanya bejo yang dari tadi memperhatikan pranoto, 
“Gusti Allah ya ada to jo..jo…Cuma kita sebagai makhluk nya hanya wajib mengingat dan meyakini nya saja, yakin lo ya…bukan sekedar percaya .
Maksud nya apa kang…percaya dan yakin?? Bejo garuk-garuk kepala . 
Pranoto melihat adik santri nya bertanya dengan kebingungan menjadi muncul keinginan untuk menjelaskan maksud dan tujuan dia berkata tadi.
“ kamu yakin Gusti Allah ada gak jo? Tanya pranoto sambil membuka rokok . “ ya yakin lah kang…sampai sekarang Cuma Dia yang saya pegang erat menjalani hidup kang…..pranoto melihat bejo sambil senyum.
“ apa kamu gak pernah mengeluh di saat keadaan tidak sesuai dengan keinginan mu….??
 Seperti waktu hujan turun tadi kamu bilang “lagi asik-asik nya malah hujan ya kang “  
kata-kata kamu itu tanda bahwa kamu cuma percaya kepada Gusti Allah dan belum sedikit pun meyakini Nya”
Kamu masih bingung,kamu masih cemas,kamu masih takut,kamu masih ragu itu semua wujud dari kamu hanya percaya dengan Gusti Allah yang membuat alam semesta,bayangkan saja Dia adalah pembuat alam semesta yang dimana kita hanya seperti partikel lebih kecil dari debu di dalam nya. Bejo mendengarkan penjabaran pranoto dengan wajah binar-binar sambil berkata “ terus gimana kang biar bisa lebih dari percaya kepada gusti allah??
Pranoto menghisap rokok nya dengan dalam …”husstttt…asap keluar dari lubang hidung nya…” diatas percaya kepada Gusti itu yakin jo” dan cara kamu kepengen membuka keyakinan tertinggi mu harus mampu melewati lapisan percaya mu,karena lapisan percaya yang di tanam kan para pembengkok keyakinan itu turun menurun sampai sekarang.
Bangsa kita di kenal jaman dulu sebagai Negara/kerajaan dengan tingkat keyakinan paling tertinggi di antara belahan bumi mana pun,akan tetapi jaman semakin kesini semakin rusak,dan mengikis keyakinan-keyakinan dengan bingkai kepercayaan.
Rasa yakin di dalam hati dan pikiran dulu adalah yang menjadi pusaka terkuat di Negara/kerajaan kita, sekarang sudah tidak ada lagi.
Hampir punah semua nya Jo..mulai dari sejarah yang nyata tertulis dan sejarah spiritual perjalanan proses olah roso jiwa yang di ajarkan pendahulu-pendahulu kita.
Latihlah kepercayaan mu menjadi sebuah mutiara keyakinan Jo….dari situ akan kau temukan kenikmatan di semua keadaan,karena semua hanya olah gerak dan murni dari tangan Tuhan setiap apapun yang kita jalani dan rasakan,kita seperti layak nya tumbuhan yang muncul,besar,tumbang dan hancur lalu punah.
Semua makhluk hidup berputar saja didunia ini melintasi apa yang sudah dituliskan oleh-Nya. Pranoto yang dari tadi berbicara tiba-tiba saja berhenti ...lalu  menghisap rokok nya yang dari tadi di letak kan asbak malah jadi seperti pewangi ruangan saja.
kamu paham jo?? Pranoto bertanya dengan wajah yang serius.
Bejo yang sedang memikirkan semua wejangan pranoto Cuma mengangguk mendengar kakang nya bertanya .
Bejo terlihat puas dengan wejangan dadi kakang santri nya lantas dia pun merasakan kelegaan di hati dan pikiran nya,mendengar semua wejangan kakang nya tadi.
Ayo pulang jo…sudah hampir waktu mujahaddah malam ..pranoto beranjak menuju angkringan, membayar lantas pulang .
Keyakinan adalah puncak tertinggi penguat proses menuju cahaya ilahi,dengan bekal ketenangan dari proses penggodog an kepercayaan kepada ilahi,pasti akan di temukan sebuah mutiara keyakinan yang memancarkan keindahan. 

Dhaeng 30/04/18

Komentar

  1. Gampang kalau cuma di tulis, besok aku datang kerumahmu bawa golok... Wkwkwkwkwk

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer