UNSUR PEMECAH SEMESTA

 4 ELEMEN 1 WUJUD

Assalamualaikum Salam Rahayu Salam sejahtera bagi kita semua, pada kesempatan kali ini saya akan menulis kan tentang ramai nya orang-orang menyebutkan Sedulur 4 Limo Pancer. Leluhur kita mempunyai banyak sekali keunikan-keunikan dalam hal apapun, dari cara bercocok tanam,cara berbudaya,cara mencari ikan,berburu,membangun peradaban sampai cara mereka menghormati leluhur dan menyembah Tuhan. Yang akan penulis bahas kali ini tentang cara-cara unik leluhur kita manembah kepada Tuhan dan juga cara hormat bakti nya kepada para leluhur terdahulu. 

Bersih raga,memakai pakaian layak di sertai wewangian dan juga perwujudan syukur yang nyata merupakan tradisi leluhur kita dalam memantaskan diri nya pada saat akan memanjatkan doa kepada Sang Maha Semesta,ada larungan hasil bumi,ada syukuran hewan dan tumbuhan,ada penempaan diri sebagai wujud kekosongan dan masih banyak lagi. Semua itu di lakukan untuk merayu Sang Khalik agar berkehendak sesuai keinginan para leluhur kita,dengan ke totalan religi atas keyakinan nya tersebut,mampu menjadi kan para leluhur kita terkenal dengan kesaktiannya.

Berjalan nya waktu berganti nya jaman,metode-metode luhur yang di gunakan leluhur kita jaman dulu semakin simpang siur keberadaan dan juga isi kandungan asli nya. Semakin banyak oknum yang memanfaatkan untuk kepentingan pribadi,sehingga banyak yang ikut melestarikan dengan cara mengamalkan ajaran keyakinan para leluhur tetapi tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal,malah banyak yang terbawa arus ajaran-ajaran leluhur kita yang di acak-acak demi kepentingan politik yang di bikin oleh masa penjajahan belanda. 

Hilang nya keperawanan ajaran  suci leluhur jawa,membuat banyak para pelaku spiritual mengalami ketidakstabilan jiwa. Doktrin- doktrin kelogikaan yang di suguh kan oleh para pendatang,membuat generasi jawa menjadi jiwa mancanegara. 

Leluhur kita dari jaman dulu terkenal dengan kesaktian nya,hal-hal yang tidak bisa di logika para pendatang di bumi nusantara pada saat itu. Misal nya di tembak tidak mempan,di pedang tidak mempan,sekali pukul mematikan,mampu membunuh tanpa menyentuh,menaklukkan dengan cukup diam,dan masih banyak kesaktian-kesaktian leluhur kita. 

Salah satu yang menarik di ulas adalah tentang mengaktifkan sedulur 4 kita,dan itu masih di yakini sampai sekarang. Sedulur 4 kalimo pancer adalah sebutan untuk saudara kita yang sudah ada sejak kita lahir dan akan selalu menemani sampai kita di ujung usia. Sedulur 4 tersebut jika tidak di aktifkan,maka hanya akan menemani kita tanpa bisa membantu apapun,sedangkan keberadaan nya di yakini bahwa mereka ada di diri kita semua. 

Pada beberapa padepokan atau aliran-aliran ajaran jawa,inti ajaran mereka berpusat pasa sedulur 4 tersebut,mereka menggali data,menempa jiwa raga demi menemukan kesejatian diri tentang sedulur 4. Dengan mengaktifkan sedulur 4 kalimo pancer,di yakini mampu membantu kita dalam menjalani kehidupan di dunia ini,bahkan akan mempermudah kita dalam melakukan apapun. Bagi sebagian ajaran kejawaan juga meyakini bahwa apabila sedulur 4 telah di aktifkan,orang jahat tidak akan mampu menyentuhnya,malahan siapa pun orang yang di belakang mencoba menyakiti,akan berbalik tersakiti berkali-kali. Dan hal itu ternyata benar-benar bisa,karena penulis membuktikan sendiri tentang hal-hal tersebut. 

Pemahaman sedulur 4 kalimo pancer banyak yang terdoktrin dengan gambaran-gambaran wujud sosok,ada juga yang menggambarkan dengan kembaran-kembaran badan jasmani kita. Sebagian hal mungkin mempunyai tujuan dengan di berikan gambaran sosok-sosok mewakili sedulur 4,dan juga perwujudan kembaran kita. Bagi penulis hal tersebut malah membuat seorang pemula yang ingin belajar mengenal tentang sedulur 4 kalimo pancer malah makin sulit dan bingung,karena dengan di berikan wujud gambaran sosok dan kembaran diri kita,malah menghilangkan ke fokusan di saat akan menembus batas maksimal diri seseorang masing-masing. 

Penjelasan yang minim dan penggambaran sosok tentang sedulur 4 yang asal-asalan menurut penulis hanya merusak kedamaian suwung saat menuju visualisasi jiwa.
Dengan banyak nya padepokan-padepokan di nusantara yang mengajarkan tentang kejawaan,maka kita sebagai generasi penerus di saran kan untuk teliti hati-hati dalam memilih,karena kita datang untuk belajar ilmu suci leluhur kita,jangan sampai masuk ke dalam tempat yang mengatasnamakan tentang ajaran jawa,tetapi di dalam nya merusak tatanan pakem kejawaan. 

Energi elemen unsur jagad besar yang mewujud ke jagad kecil makhluk hidup,harus kita selaraskan di dalam diri kita,agar semesta ini memberkati dan seluruh alam berbahagia.

4 elemen yang mewujud kan 1 utuh sempurna diri manusia,adalah suatu proses alam semesta yang luar biasa,dari perkawinan yang sakral antara langit dan bumi mampu membentuk semesta dunia yang kita tinggali,dan di dalam nya berisi tentang perkawinan-perkawinan unik yang melahirkan banyak makhluk di bumi. 

Air,api,tanah dan angin jika kita mampu mengenal nya,maka sudah tidak jauh lagi bagi kalian akan mengenal diri sendiri dan Sang Pencipta,bahkan mampu membuat keistimewaan- keistimewaan selama hidup di dunia. Leluhur kita banyak yang terkenal sakti,padahal mereka sebenar nya bukan sakti,tetapi mereka telah mengenal diri dan semesta nya,sehingga dimanapun orang jahat akan mencelakai,semesta tidak akan rela dan diam saja.

Demikian sedikit penjabaran singkat semoga bermanfaat.


Jayeng 6/02/23


Karma itu energi semesta yang menyimpan rasa untuk kembali kepada yang melemparnya.

Kenali unsur jagad besar,untuk mengenali jagad kecil kesejatian diri

Semesta akan menuruti mu,jika kau mengenali nya. 

Komentar

Postingan Populer