KISAH DI BALIK KISAH

 

1.          KI JATI ANOM

2.   Pada saat blitar masih jadi Kadipaten bernama alas rampa dengan era setelah kadipaten kanigoro pernah menjadi pusat pemerintahan yang saat itu blitar masih merupakan sebagian besar hutan belantara dan pemukimannya masih sedkit , Sunan Kalijaga yang sedang melakukan perjalanan nya menuju ke jawa bagian  timur berangkat dari Demak,beliau sempat mendatangi beberapa tempat di blitar untuk menapak tilas masa muda nya sebelum beliau menjadi salah satu dari wali songo,karena beliau pada masa mengikuti perjalanan Syeh Abdul Jalil sudah pernah singgah di blitar untuk menjalankan dawuh dari guru besar nya Syeh Datuk Kafi.

3.   Dalam perjalanan nya kali ini beliau lebih mengutamakan syiar keilmuan yang beliau dapatkan selama beliau belajar di guru-guru nya. Di lokasi yang dulu beliau tinggalkan bersama Syeh Abdul Jalil tidak lupa di singgahi lagi untuk melihat perkembangan nya dan juga menambahkan beberapa ajaran untuk jamaah yang sudah mumpuni untuk mendapatkan piwulangan yang lebih tinggi. Di salah satu tempat bernama gedong di daerah blitar tengah ( yang saat ini menjadi jatinom ), beliau sempat berhenti sesaat ketika melihat banyak nya pohon aren menjulang tinggi di area tersebut,sambil duduk beliau menembangkan tembang yang berisi tentang kehidupan manusia dalam mengenal Tuhan nya. Di tempat beliau duduk terdapat sebuah batu hitam yang sebesar tampah dan berbentuk lingkaran,sambil bergumam sendiri beliau berkata “ watu saksi ne petilasan wong agung kang ora ke rawat kahanan ne” jika di artikan sebuah batu yang menjadi saksi ada nya petilasan orang besa di sini akan tetapi tidak terawatt dengan baik. Beliau memberi tanda di lokasi tersebut dengan menambah cerita di batu tersebut tentang perjalanan masa kecil seorang Patih besar yang pernah menjadi legenda sapanjang masa yaitu Patih GajahMada.

4.   Di sebelah kanan beliau duduk ada sebuah patirtan bersalin yang bersejarah,karena aliran air nya yang tertimbun tanah terlalu lama jadi nya tidak sederas awal dulu sumber tersebut pernah ada. Kemudian oleh beliau tempat itu di lebarkan sehingga menjadi seperti kolam dengan air yang jernih murni dari alam,dan sendang tersebut di beri nama yang kelak akan di kenal anak cucu menjadi sumber Andong yang penamaan nya di ambil dari nama seorang ibu dari Patih GajahMada. Berhari-hari beliau di tempat itu belajar kawruh dari daya energi yang di tinggalkan di batu petilasan di sendang tersebut. Semakin lama beliau di tempat tersebut semakin memahami perubahan-perubahan alam di sekitar blitar dari masa ke masa,dan beliau juga semakin mengetahui kea rah mana harus menjalani spiritual diri nya untuk lebih bermanfaat tidak hanya untuk diri nya sendiri akan tetapi juga untuk semua manusia dan juga makhluk –makhluk Nya.

5.   Dengan bertambah nya kawruh yang di dapatkan nya di lokasi gedong tempat lahir nya leluhur besar itu ,menambah kepercayaan diri secara spiritual beliau,dan untuk menapaki perjalanan ke depan akan lebih mantap tauhid beliau kepada Sang Maha Agung. Di saat beliau akan melanjutkan perjalanan nya dari kejauhan terdengar seseorang sedang menembang tetapi lirik kata nya sedikit unik di dengarkan,beliau mendekati sosok orang yang sedang nembang itu. Setelah mendekat beliau melihat sesosok orang sedang “deres” aren di atas pohon aren,maka di tunggu nya orang itu sampai turun menyelesaikan kegiatan nya deres tadi. Dengan sabar beliau tenang menunggu nya,karena keberadaan Sunan Kalijaga yang tidak di ketahui oleh orang tersebut,membuat kaget dan menjauh lah orang itu sambil melihat penasaran , melihat beliau tersenyum menyapa salam kepada orang itu ,terdiam lah sosok pecari air buah aren itu sambil memandangi dengan seksama orang yang ada di depan nya itu. Salam dari Sunan Kalijaga yang dari tadi belum terjawab di ulangi nya lagi mengucapkan salam “ Assalamualaikum kang”. Sekali lagi orang itu hanya diam kemuadian Sunan Kalijaga mengucapkan salam lain “ kulo nuwun kang” sambil tersenyum ramah, “ monggo wong agung mena “ jawaban dari orang tersebut. Sunan bertanya nama kepada orang itu dan di jawab la nama nya Joko Gesang,kemudian beliau bertanya apa yang di tembangkan Joko Gesang tadi, Gesang menjawab kalimat itu di dapatkan nya dari guru deres nya Yo kayuku Yo Kayumu ,Kanjeng sunan tersenyum mendengarnya sambil bertanya dimanakah guru mu dan siapakah nama beliau. Joko gesang menjawab guru nya pergi entah dimana,karena setelah memberi kalimat tersebut beliau pergi dan hanya berpesan “dengan membaca terus –menerus kalimat itu maka deresan akan mendapatkan banyak air aren dan kualitas nya bagus “ jadi nama guru nya pun gesang tidak mengetahui,seperti hal nya bertemu sunan saat ini guru nya pun datang entah dari mana yang pasti beliau membawa pikulan wadah deresan air aren kemana-mana dengan caping. Sunan kalijaga yang waskito langsung mengetahui bahwa gesang di tuntun langsung oleh leluhurnya untuk istiqomah kalimat tersebut agar paham makna hidup dan kehidupan ini.

6.   Berhari-hari mereka berdua saling memperkanalkan diri nya masing-masing akhir nya gesang tahu bahwa yang sedang bersama nya adalah salah satu wali termashur di tanah jawa yaitu Sunan Kalijaga, gesang semakin senang hati nya,juga semakin bertambah wawasan spiritual nya dan semakin mantap ketauhidan nya kepada Tuhan semesta alam. Gesang yang mendapatkan banyak kawruh kasepuhan dari kanjeng sunan memberanikan dirinya untuk ikut kemanapun Kanjeng sunan berjalan,dengan senyum sunan berkata “ ngger gesang,sampean tunggu neng tlatah kene ojo pati-pati lungo yen durung tak puruki nyang tlatah jumenengan mu iki” mendengar perintah dari guru yang di yakini dari hati pikiran nya ,secara tegas gesang menjawab sendiko dawuh. Tepat di pinggiran aliran sungai kecil yang bersumber dari sendang andong sang gesang pun menjalankan tugas pertama nya sebagai syarat memantaskan diri nya untuk menjadi murid dari sang sunan. Gesang duduk di sebuah batu hitam hanya diam tanpa di bekali sebuah amalan untuk di dawam kan,tugas nya hanya menunggu sampai Sang guru tercinta nya datang kembali menjemput nya untuk di ajak syiar ke nusantara.

7.  Hampir 7 tahun sunan kalijaga pergi meninggalkan gesang di daerah gedong di pinggir sungai aliran sungai yang ber hulu sumber andong,tiba-tiba isyarat alam memberi pertanda lain pada sunan,angina besar langit mendung di sertai kilat tapi tanpa tetesan air hujan,kemudian sunan kalijaga diam sejenak membaca alam yang tiba-tiba berubah suasana nya. Akhir nya beliau mendapatkan gambaran datang nya seorang  bermaqom wali yang baru saja di restui oleh semesta keberadaan nya,dan di anggap pantas untuk mendapatkan anugrah kewalian. Kanjeng sunan pun segera kembali ke tempat dimana joko gesang pernah di tinggal kan untuk istiqoma menunggu kedatangan nya, setiba nya di lokasi itu sunan kalijaga melihat hutan aren berubah menjadi berbagai pohon ikut tumbuh di sekitar aren dan alang-alang,ada pohon jati lanang atau bendo,aren,jati jawa dan asem. Melihat perubahan di sekitar tempat gesang banyak tumbuhan tumbuh maka di uluk salam secara lirih sambil menepuk tanah tangan sunan. Seperti orang yang tertidur lelap joko gesang terbangun dan menyambut tangan guru nya di ciumi sambil mengucapkan jawaban salam dari sang guru. Melihat peningkatan spiritual murid nya,sunan kalijaga memberikan sematan gelar nama untuk joko gesang menjadi Ki jati anom, karena dari Toat nya Ta’dim nya dan tawadhu nya murid kepada sang guru danan mampu membakar belukar hati dan pikiran nya tentang kepahaman nya kepada Tuhan,maka beliau memberi gelar kewalian Ki Jati Anom yang bermakna seorang pemuda yang menemukan jati diri di usia nom atau muda. Dan tempat itu nanti nya akan menjadi desa gedong jati anom. Setelah pertemuan tersebut sunan kalijaga mengutus ki jati anom melanjutkan lelaku ke gunung arjuna,kawi dan penanggungan. Sunan berkata “ Tuntas ne lelaku ngangsu kawruh e gunung arjuno,gunung kawi lan gunung penanggungan,sak tuntas e lelampah tak tunggu sowan mu nyang kadilangu “ setelah itu mereka berpisah,dan dari sini lah awal mula perjalanan seorang Ki jati anom atau sunan joko gesang.  Matur nuwun

 

8.   Sumber data :     

         1. babat pengging

        2. babat kadilangu 

       3. wawacan gunung jati

      4. serat jolo sutro 

     5. serat sunan geseng

       jayeng / 04/03/23


Komentar

Postingan Populer